Mempercepat Kinerja Komputer-Laptop Lemot

Cara membuat komputer/laptop cepat. pada artikel ini akan dipaparkan beberapa penyebab komputer/laptop lambat dan bagaimana mengoptimalkan kinerja laptop/komputer yang lambat. Sehingga pekerjaan yang berhubungan dengan komputer dan laptop akan cepat selesai. Simak artikel "Cara Mempercepat Komputer/laptop Lemot".

Sebelum mengatasi masalah tentunya kita harus tahu terlebih dahulu apa masalah yang menjadi kendala atau sedang kita hadapi. Cari terlebih dahulu apa penyebab komputer kita lambat dalam kinerjanya, dari segi hadrware atau dari software. Pada umumnya komputer atau laptop yang lemot atau lambat dalam kinerjanya diakibatkan karena hardware yang sudah usang ataupun sofware yang ada pada komputer Anda terinfeksi virus. 

Kemungkinan lain, bila Anda sering menggunakan komputer Anda untuk mengakses di internet. Pada saat mengakses internet komputer atau laptop kita menyimpan data dari halaman tersebut. Selain itu ada beberapa website yang kita akses secara otomatis mengunduh software dan langsung terinstal dalam komputer kita.  

Berikut ini saya paparkan beberapa kasus penyebab kenapa komputer atau laptop kita lemot atau lambat. Semoga beberapa kasus komputer lemot berikut ini, pada umumnya akan sesuai dengan  yang sedang anda alami. selamat membaca dan mencoba.

1. Periksa dan Hapus Program tidak terpakai yang ter-instal pada komputer Anda.

cara memlihat program yang terinstall pada komputer 

Start - Control Panel - Programs - Programs and Features . 


Setelah itu akan muncul beberapa sofware yang terpasang pada komputer anda. Kenali satu-persatu program yang dirasa tidak terlalu dibutuhkan. Karena kemungkinan besar kita menginstal beberapa program atau software yang tidak terlalu kita gunakan. Tidak masalh bila ruang dan kinerja hardware anda memadai untuk beberapa program tersebut. Beberapa program tersebut akan berjalan saat komputer anda dinyalakan sehingga membebani kinerja dari RAM anda. Dengan mengurangi beberapa program yang tidak berguna mampu meringankan kinerja RAM anda saat komputer dinyalakan. 

Terkadang kita kesulitan untuk mengunistall program yang terpasang di komputer kita. Saya sarankan untuk menggunakan software CCleaner. Dengan menggunakan aplikasi ini anda akan dengan mudah mengunistall, membersihkan file dan memperbaiki program yang error. Untuk point ini kita fokus untuk mengunistal program atau sofware yang tidak terpakai, untuk membersihkan file dan perbaikan program error akan saya bahas di point selanjutnya.

2. Kurangi atau matikan aplikasi saat startup

Masih terkait dengan program yang terpasang pada komputer anda. terkait dengan point di atas hal ini sebenarnya merupakan satu kesatuan. Bila Anda sudah menguninstall program yang tidak perlu maka secara otomatis program tersebut tidak akan berjalan saat komputer anda berada pada proses booting atau saat awal dinyalakan. Buat sedikit mungkin program yang berjalan pada komputer Anda, caranya

start - run - ketik misconfig

Hilangkan point atau tanda centang pada bok di sebelah kiri, terutama pada program yang tidak terpakai. Setelah semua terasa cukup klik

apply - ok.

Dengan meminimalkan atau mematikan program-program tidak terpakai tersebut maka, program tersebut tidak akan berjalan saat proses booting atau saat komputer anda dinyalakan.


3. Membersihkan file pada folder temp.

Kasus ini berhubungan dengan pengguna komputer yang sering ber-internet. Seperti yang sudah saya paparkan pada pembuka artikel ini, bahwa bila anda sering menggunakan komputer untuk berinternet maka secara otomatis data-data di internet akan tersimpan dalam folder temp. atau temporary. Bila Anda awam dalam pengoprasian komputer atau laptop saya sarankan untuk menggunakan applikasi CCleaner, karena fitur yang mudah untuk digunakan dan lumayan ringan. Bila anda menggunakan program atau applikasi ini anda tinggal klik pada menu clean.

Selain itu bila anda tidak memiliki progam CCleaner anda dapat membersihkan file temp. dengan membuka 

explore ctrl+E 

 

setelah itu klik kanan pada 

DRIVE C-- Klik kanan -- propertis -- Disk Cleanup - ok

 

 

lalu pilih/centang pada semua kotak setelah itu Cleanup sistem file lalu tunggu sampai prosesnya selesai. Setelah itu klik ok.

Dalam kasus ini komputer anda akan memproses dan membersihkan semua sampah dan file-file yang tidak diperlukan. lama proses ini tergantung pada banyaknya file sampah yang terdapat pada komputer anda. BIla anda sering menggunakan akses internet dengan menggunakan komputer tersebut maka rajinlah untuk mengecek bagian ini. Bila dirasa file sudah terlalu banyak dan membebani komputer silahkan segera untuk membersihkanya.


4. Memasang satu Antivirus saja

Saya sering sekali menjumpai teman-teman saya yang mengeluh laptop yang lemot dan berat. Setelah saya lihat dan saya cek ternyata dia menggunakan lebih dari 1 antivirus. Prinsipnya semakin banyak semakin kebal dengan virus. Cara berpikir seperti itu tidak terbukti benar, karena percuma saja memasang banyak antivirus tapi jarang melakukan update data pada antivirus yang dimiliki. Saya sarankan untuk menggunakan antivirus yang di tawarkan oleh windows sendiri, yaitu MSE (Microsoft Security Essentials). 

Menurut saya pribadi program ini sudah lebih cukup, Microsoft Security Essentials dapat diperoleh secara gratis atau free di web windows. Dengan rajin mengupdate antivirus ini saja sudah cukup untuk melindungi komputer anda, tanpa harus mengeluarkan biaya atau membeli antivirus premium. Bila Anda memiliki dana saya sarankan untuk membeli Antivirus-antivirus premium. Saya tidak menyarankan antivirus tertentu, namun dengan membeli yang premium kemungkinan antivirus tersebut memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding versi free, namanya saja gratisan =D. 

Namun semua itu kembali pada Anda masing-masing, ingin membeli atau mencari antivirus yang gratisan. Kalau saya sendiri menggunakan antivirus buatan windows Microsoft Security Essentials, selama ini belum pernah terserang virus, yang terpenting rajin-rajin saja mengupdate antivirus yang terpasang. 

sedang butuh smartphone dengan kapasitas baterai besar : Infinix NOTE 2 solusinya 

Spesifikasi Infinix NOTE2: Solusi Baterai Boros 2015


5. Menyesuaikan kemampuan Komputer dengan Kebutuhan

Terkadang kita sering memaksakan program yang berat di komputer. Saya sarankan bila untuk menyesuaikan kemampuan komputer dan kebutuhan penggunaannya. Perhatikan kembali RAM yang dimiliki komputer atau laptop Anda, bila dirasa windows 8 terlalu berat turunkan menjadi windows 7 dan bila masih terasa berat turunkan lagi ke Windows XP. Sebelum menginstal perhatikan dan baca dahulu standar sistem yang diminta atau dibuthkan program tersebut. 

Hal ini sangat berhubungan dengan kesehatan hardisk dan RAM Anda, semakin dipaksakan untuk bekerja berat makan akan semakin singkat pula usia dari perangkat keras tersebut. Menurut saya bila Anda hanya membutuhkan komputer hanya untuk mengerjakan tugas kantor atau kuliah seperti mengetik gunakan saja Windows XP. Bila kebutuhan bekerja Anda bekerja untuk desain, editing video, rendering, sound editing dan lain-lain gunakanlah spesifikasi prosesor yang memadahi untuk kebutuhan Anda. 

Terkadang produsen komputer selalu mengupgrade software dan perangkatnya untuk segi pemasaran, semakin tinggi spesifikasi komputer yang dikeluarkan maka pihak produsen atau pabrik komputer tersebut akan meningkatkan kualitas sistem atau software mereka. Contoh saja windows selalu diupgrade, terakhir ke windows 10, hal ini berkaitan dengan peningkatan hardware dan kebutuhan pihak-pihak tertentu yang benar-benar membutuhkan spesifikasi tersebut. Saya tidak bermaksud untuk mengurungkan niat Anda untuk upgrade windows atau sistem operasi yang Anda miliki. Namun berpikirlah sesuai dengan kebutuhan yang Anda miliki, hal ini akan jauh lebih membantu Anda menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan dengan komputer tersebut.


6. Defragment hardisk secara berkala.

Ibarat sebuah lemari atau rak buku bila tertata rapi dan tersusun sesuai kategori buku, maka dengan cepat kita akan menemukan buku yang akan kita cari. Defragment pada hardisk Anda berfungsi untuk menata file-file milik Anda, jangan salah data-data di dalam komputer Anda juga perlu ditata.  Defragment sebaiknya dilakukan selama 3 atau 4 minggu sekali, jangan lakukan defragment ini terlalu sering. Berikut ini cara untuk defragment hardisk anda;

Klik start - all program - accesories - klik system tool dan Disk Defragmenter.

Atau langsung ketikan di komlom pencarian Disk Defragmenter – ok/enter.

Tunggu prosesnya selesai, dengan demikian file-file Anda akan tertata dan komputer Anda bekerja lebih cepat. Ingat lakukan secara berkala dan jangan terlalu sering atau dengan jangka waktu yang dekat. Hal ini akan mempengaruhi kinerja pada komputer Anda.


7. Minimalkan tampilan icon dan gadgets pada Desktop di komputer Anda

Minimalkan kinerja laptop dan komputer  Anda dengan mengurangi icon software dan gadgets pada tampilan desktop komputer. Hal ini membantu setidaknya 2% dari kinerja saat proses booting atau saat komputer dan laptop Anda nyalakan. Cara menghilakan tampilan menu dengan cara sebagai berikut;
Menghilangkan menu dan gadgets, tempatkan kursor anda pada desktop lalu

klik kanan – pilih – view – show desktop icon & desktop gadgets

atau untuk gadgets anda dapat mematikannya di control panel.

Control panel – programs dan feature – turn windows features on or off

Tunggu hingga selesai dan setelah itu hilangkan tanda centang pada box windows gadgets platform – restart


8. Rawat Usia dan periksa hardisk Anda

Sering sendiri saya menjumpai beberapa file yang sudah tidak diperlukan tersimpan dalam komputer, dan membuat drive kita merah alias penuh. Saya sendiri menjumpai kebiasan buruk saya menyimpan film-film yang sudah saya tonton, sayang untuk menghapusnya. Hal itu membuat drive penuh dan saat dibuka akan lama terbuka dan harus menunggu proses untuk dapat mengakses data dalam drive tersebut. Kasus ini mungkin dapat berujung pada rusaknya hardisk, terutama laptop yang cepat panas saat kinerja yang kita bebankan terlalu berat. Jadi hapuslah file-file yang tidak terpakai tersebut atau, belilah hardisk eksternal untuk meyimpan data tersebut, saya sendiri lebih memilih untuk membeli hardisk eksternal karena sayang kalau file-file tersebut dibuang, maklum agak sentimentil dengan barang-barang lawas,  terutama mantan. Ehhh :p


KESIMPULAN

Menggunakan komputer untuk segala macam kebutuhan dan kegiatan memerlukan kebijaksanaan dalam penggunaanya. Perhatikan kebutuhan dan kemampuan kinerja dari komputer Anda. Tidak ada cara secara signifikan untuk meningkatkan kinerja komputer yang ternyata kemampuannya dibawah kebutuhan Anda. Cara di atas hanya beberapa tips untuk mengurangi beban dari komputer Anda untuk mengerjakan semua kebutuhan atau pekerjaan Anda, bukan merubah komputer Anda untuk menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Bila semua yang saya paparkan di atas tidak membuahkan hasil sesuai dengan harapan Anda maka saya sarankan untuk membeli komputer baru atau menambah prosesor dan kapasitas dari komponen yang dibutuhkan. Konsultasilah dengan teman atau pada ahlinya bila Anda ingin membeli komputer dengan kemampuan di atas standart. 

Terimakasih sudah membaca artikel cara  komputer/laptop lemot jadi lebih cepat. Bagikan artikel ini bila memang dirasa pantas untuk dibagikan. Terimakasih lagi 

Artikel ini di buat berdasarkan pengalaman pribadi yang dialami sendiri oleh penulis.


Kategori

Artikel " Mempercepat Kinerja Komputer-Laptop Lemot " , terkait dalam kategori berikut ini;