Tips Cegah Uban



Munculnya rambut putih atau yang biasa disebut dengan uban dapat menjadi masalah yang sangat mengganggu, terlebih lagi jika umur kita masih muda. Uban yang tumbuh dapat dikategorikan sebagai penyakit rambut.  Hal ini terjadi sebagai akibat adanya perubahan warna pada pigmen rambut, yaitu melanin. Perubahan warna ini dapat terjadi sebagai akibat kurangnya oksigen yang diterima oleh batang rambut. Batang rambut menerima sari-sari makanan dari ujung pembuluh darah, sedangkan zat yang diterima itu mengalami kekurangan oksigen. Oleh karena itu, susunan rambut menjadi tidak baik dan mempengaruhi melanin rambut.


Melanin rambut sendiri diproduksi oleh sel melanosit dalam folikel rambut. Adanya kerusakan DNA dan penumpukan hidrogen peroksida dalam folikel rambut kemungkinan menyebabkan gangguan produksi melanin. Tanpa adanya melanin, rambut baru yang tumbuh tidak memiliki pigmen, sehingga rambut tampak abu-abu atau putih. Faktor-faktor yang menyebabkan munculnya rambut putih atau uban, yaitu usia, iklim, genetik, merokok, stres, pola makan yang tidak tepat, kebiasaan yang hidup yang kurang baik, dan kondisi medis tertentu. Namun, sebenarnya munculnya uban atau rambut putih ini dapat dicegah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mungkin ada di rumah kita. 

Tips-tips kecantikan untuk mencegah munculnya uban, yang pertama, yaitu dengan menggunakan minyak kemiri. Untuk membuat minyak kemiri, bahan-bahan yang harus kita siapkan adalah kemiri secukupnya, satu kuntum bunga mawar, tiga kuntum bunga kenanga, dan tujuh kuntum bunga melati. Selanjutnya, rebus kemiri sampai mengeluarkan minyak, lalu peras dengan kain bersih. Masukkan bunga mawar, kenanga, dan melati ke dalam minyak kemiri dan diamkan selama tiga hari. Setelah tiga hari, peras ramuan dan buang ampasnya. Gunakan minyak kemiri setiap hari sebagai minyak rambut.

Tips kecantikan yang kedua, yaitu dengan menggunakan kelapa hijau. Caranya, parut kelapa hijau dan campur dengan airnya. Lalu, peras sampai menjadi santan dan beri sedikit garam. Kemudian, embunkan selama satu malam. Gunakan air tersebut untuk keramas. Lakukan selama seminggu.

Tips kecantikan yang ketiga, yaitu dengan menggunakan biji duku. Caranya, tumbuk biji duku sampai halus dan beri sedikit air. Lalu, oleskan pada rambut hingga merata dan diamkan selama kurang lebih 25 menit. Setelah itu, cucilah rambut hingga bersih. Lakukan perawatan ini dua hari sekali.

Tips kecantikan yang keempat, yaitu dengan menggunakan teh. Untuk mengurangi uban kita dapat menggunakan air teh yang sudah basi. Caranya, basahi rambut dengan air teh basi tersebut setiap pagi.
Lakukan salah satu perawatan di atas secara rutin ya untuk mencegah uban yang timbul di rambut kita.


Kategori

Artikel " Tips Cegah Uban " , terkait dalam kategori berikut ini;