Pengertian Konjungsi



pengertian konjungsi, berfungsi untuk menghubungkan klausa dalam sebuah kalimat.Pengertian Konjungsi
Dalam sebuah kalimat, terlebih lagi kalimat majemuk, sering kita temui adanya penggunaan konjungsi. Konjungsi atau kata hubung ini berfungsi untuk menghubungkan satuan-satuan bahasa. Selain itu, konjungsi dapat menghubungkan antara klausa yang satu dan klausa lainnya, bahkan antara kalimat yang satu dan kalimat lainnya. Hal ini seperti yang dikemukakan oleh Rahardi (2010:65) bahwa konjungsi berfungsi untuk menghubungkan entitas-entitas kebahasaan, baik dalam sebuah kalimat maupun pada kalimat yang satu dengan kalimat yang lainnya. Sementara itu, Wijayanti, dkk (2011:37-38) membatasi pengertian konjungsi sebagai sarana pengait antara kalimat yang satu dan kalimat yang lainnya.
Salah satu tujuan digunakannya konjungsi adalah agar kalimat tersebut menjadi padu. Dalam penggunaannya, konjungsi dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Berdasarkan fungsinya, konjungsi dibagi menjadi konjungsi subordinatif, konjungsi koordinatif, dan konjungsi korelatif. Sementara itu, berdasarkan letaknya dalam kalimat, konjungsi dibagi menjadi konjungsi intrakalimat dan konjungsi antarkalimat.
Menurut Rahardi (2010:65), konjungsi koordinatif adalah konjungsi yang berfungsi untuk menghubungkan satuan-satuan kebahasaan yang sejajar. Yang termasuk ke dalam konjungsi ini, antara lain dan, maka, tetapi. Konjungsi subordinatif adalah konjungsi yang menghubungkan satuan-satuan kebahasaan yang tidak sejajar. Hal ini karena dalam satu kalimat tersebut, ada yang berkedudukan sebagai anak kalimat dan induk kalimat. Yang termasuk konjungsi jenis ini, antara lain ketika, sebab, sehingga. Konjungsi korelatif adalah konjungsi yang kehadirannya mengharuskan kehadiran konjungsi lainnya, karena memang sifat dari konjungsi jenis adalah berpasangan atau berkorelasi. Yang termasuk ke dalam konjungsi jenis ini, antara lain antara…dengan, baik…maupun, dan tidak hanya…tetapi juga.
Serupa dengan Rahardi, Chaer (2009:82) mengatakan bahwa konjungsi koordinatif adalah konjungsi yang menghubungkan dua buah konstituen yang kedudukannya sederajat. Sementara itu, konjungsi subordinatif adalah konjungsi yang menghubungkan dua buah konstituen yang kedudukannya tidak sederajat. 
Daftar Pustaka
Wijayanti, Sri Hapsari, dkk. 2011. Dari EYD ke Esai. Jakarta: Universitas Atma Jaya.
Rahardi, Kunjana. 2009. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.
.



Kategori

Artikel " Pengertian Konjungsi " , terkait dalam kategori berikut ini;