Cara SEO Peringkat Pertama di Google

artikel ini sudah tidak relevan lagi.

Artikel rumus meningkatkan pendapat mungkin paling relevan dengan apa yang Anda cari


Artikel berisi pokok bahasan sebagai berikut;

  • Mengenal SEO
  • Cara Meningkatkan Trafik
  • Menjadi Peringkat 1  di Google dengan SEO yang Tepat dan Aman
Cara menjadi peringkat pertama dan trafik yang tinggi dari google memang tidak mudah. Banyak hal yang mempengaruhi rating dan trafik yang tinggi. Tidak sedikit blogger yang bersaing pada satu kata-kunci atau keyword yang page rank-nya tinggi. Banyak para ahli SEO berbagi tips lewat blog mereka masing-masing dan bersaing dengan key word yang sama, seperti  berikut ini; 



cara agar menjadi page one di google | cara menjadi peringkat 1 di google | cara cepat peringkat pertama di google | cara jitu rangking 1 di google | cara meningkatkan trafik blog | cara agar blog peringkat satu di google | bagaimana agar muncul di google? | cara peringkat satu google

Itu tadi mungkin judul blog yang sering digunakan oleh para blogger, bahkan secara sengaja saya menulisnya ulang judul tersebut yang demi kepentingan SEO. Itulah cara kerja mesin pencari. Saya tidak tahu secara pasti bagaimana pihak google bekerja dengan sistem mesin pencarian google mereka. Jika menurut saya prinsipnya mirip dengan ctrl+f saat kita mencari kata atau dokumen di dalam komputer kita. 

Lalu, apa sebenarnya SEO itu?  

SEO menurut Wikipedia

Untuk informasi yang lebih lengkap dapat lihat di Wikipedia.
Menurut Wikipedia, SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yang kita terjemahkan dalam bahasa Indonesia dengan arti Optimisasi mesin pencari. Lalu apa sebenarnya SEO itu? SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas trafik kunjungan yang diperoleh dari mesin pencari menuju ke situs web atau blog tertentu. Serangkaian proses tersebut dilakukan dengan menggunakan cara kerja alogaritma mesin pencari, seperti google. 

Postingan ini adalah catatan saya pribadi dan sekedar berbagi dengan anda yang kebetulan berkunjung di blog ini. Cara saya mengingat dan memahami sebuah istilah dengan menulisnya ulang. Jadi mohon maaf bila postingan ini terlalu bertele-tele dan bahasa yang sedikit kaku. Bahkan blog ini memiliki rank kecil di alexa dan google, jika anda tidak percaya dengan postingan ini, sah-sah saja.  saya hanya membagikan pemahaman saya, siapa tahu pemahaman saya salah, dan anda lebih tahu atau mengerti mengenai strategi SEO. Sepertinya kemungkinan itu sangat kecil, mana mungkin ahli SEO mencari informasi tentang SEO itu sendiri. Tapi tidak menutup kemungkinan anda orangnya, jika anda merasa memahami SEO silahkan memberikan respon atau komentar, karena kami yang buta dan ingin belajar SEO membutuhkan informasi yang sesuai dengan apa yang diharapkan. Tidak menutup kemungkinan bukan bahwa optimalisai mesin perncari dapat dipelajari secara otodidak. 

Mari kita lanjutkan lagi memahami SEO , barulah kita mencari tahu SEO yang ramah dan tepat di mata google. Karena saya tidak memungkiri bahwa google merupakan search engine yang paling sering digunakan di Indonesia bahkan di seluruh penjuru dunia. Mungkin anda salah satu penulis blog yang memiliki tujuan untuk mendapatkan penghasilan. Jika demikian anda harus benar-benar memahami aturan google, atau anda akan mengalami beberapa kesulitan. Karena google sendiri selalu memperbaiki ketepatan mensin pencari mereka. Karena besar kemungkinan situs yang kata kuncinya terindeks mesin pencari tidak menuju pada informasi yang diinginkan oleh pengunjung atau pengguna internet tersebut. Hal tersebut sering disebut dengan istilah spam, yang terindeks oleh mesin pencari.  Mereka yang memahami prinsip kerja mesin pencari memanfaatkan kesalahan mesin pencari untuk mengindeks konten yang akan dicari dengan halaman yang sengaja mereka buat untuk mengarahkan mesin pencari tersebut. hal tersebut sangat merugikan pengguna yang mencari informasi sesuai dengan harapan mereka. 

Lalu bagaimana langkah yang aman untuk mengoptimalkan mesin pencari?
Banyak sekali tips dan trik untuk meningkatkan trafik situs yang kita miliki,mulai dari blog yang sudah bertrafik tinggi dan blog berumur muda seperi milik kami ini. Blogger saling mengemukakan pendapat mereka mengenai peningkatan trafik dan optimalisasi mesin pencari. Seringkali saya menemukan tips dan trik yang hampir sama. Mulai dari memperbanyak artikel berkualitas, backlink, template blog yang SEO-Friendly, melakukan Link Building alami, membuat Interlinking artikel satu dan artikel lainnya, membuat sitemap, Keyword Research, manfaatkan google trend, cek plagiatism artikel kita. Karena intinya memang itu, bila kurang bersainga dengan keyword lain, gunakan jasa SEO. Jangan memaksakan diri untuk meningkatkan trafik dengan menggunakan cara yang tidak benar. Jangan berharap terlalu banya bila anda menginkan blog anda ramai dalam satu hari, blog dibangun dengan kerja keras. Tidak mudah menjadi seorang blogger, tidak terlalu sulit juga. Syaratnya adalah kerja keras dan referensi yang berkualitas.

bagaimana cara yang tepat untuk meningkatkan pengunjung dan membuat artikel kita berada di puncak daftar pencarian google dan mesin pencari lainnya?
1.       Usaha keras
2.       Cek persaingan keyword dengan keyword Research
3.       Buatlah artikel berkualitas 1000 karakter lebih dari itu lebih baik (kualitas)
4.       Manfaatkan Webmaster tool Google dan Site Explorer Yahoo
5.       Optimalkan SEO on page dan SEO of page

Usaha Keras
Untuk menjadikan blog anda diperingkat pertama membutuhkan waktu, jadi jangan berfikir malam posting artikel dan besok pagi ramai pengunjug. Kompetisi blog di zaman yang serba online semakin ketat, maka persiapkan mental untuk rutin membuat artikel dalam setiap minggunya. Seleksi alam akan menentukan siapa yang mau bekerja keras dan memperoleh hasil dari usaha keras anda.

Keyword Research
Lakukan riset dengan kata kunci atau keyword yang ingin anda gunkan. Sebaiknya jangan memilih keyword dengan trafik yang tinggi. Sebagai pemula cari keyword dengan trafik kecil, mulai segala hal dengan tahap-tahap sehingga anda mengerti prinsip kerjanya, dan menjadi lebih handal. Setelah anda benar-benar menguasainya maka lanjutkan ketahan keyword dengan trafik yang tinggi. Perlu dipahami jangan gunakan keyword lebih dari 7 kata, hal ini akan dianggap spam oleh pihak google. Untuk mencari tahu trafik pada setiap keyword carilah di pencarian google, artikel ini akan sedikit membosankan jika saya tulis secara kompleks, benar bukan?

Buatlah Artikel yang berkualitas
Membuat artikel yang berkualitas memang gampang-gampang susah, harus melalui tahap yang panjang. Siklus seorang blogger gagal, rajin membuat artikel seadanya-bosan posting-edit template berulang-kurang inspirasi-malas buka blog. Buatlah informasi sesuai bidang dan ketertarikan anda, bila anda multitasking tidak masalah untuk mencampurkan topik-topik pada blog anda, atau membagi dalam 1 blog dengan 1 kemampuan anda. Jadi jika anda memiliki 4 ketertarikan maka buat 4 blog. Untuk tahap awal gunakan 1 blog dulu, untuk melatih kelancaran anda dalam menulis. Saya percaya dengan menulis artikel secara rajin kita memperoleh informasi dan mengasah otak kita agar tidak berkarat atau dalam istilah jawa “kethul” . Buat daftar topik, jika memungkinkan buat daftar topik yang ingin anda tulis dan kembangkan di blog anda. Tulis artikel lebih dari 1000 karakter.

Memanfaatkan Webmaster Tool Google dan Site Explorer Yahoo
Mesin pencari Google dan Yahoo! Memberikan layanan sebuah program gratis untuk para blogger atau webmaster mengoptimalkan situs mereka agar terindeks. Cari tahu di search engine layanan tersebut memiliki fitur bahasa Indonesia memudakan anda yang kurang fasih berbahasa Inggris. Cukup mudah ikuti bantuan di setiap layanan yang mereka berikan.

Mengoptimaklan SEO on page dan SEO OFF page
Membaca kedua kata tersebut mungkin membuat anda pusing, saya juga. Mari kita mulai dari SEO on page dulu. Istilah on page adalah optimalisasi pencarian dengan mengoptimalkan kata kunci pada bagian Meta Title dan Meta Deskripsi. Hal ini sedikit sulit dimengerti bila anda baru memulai blogging. Coba pelajari dahulu code html di blog anda masing-masing, bila perlu searching dan cari buku di perpustakaan atau di toko buku.

Ini contoh sederhana Meta Title
<meta name="keywords" content="cara peringkat pertama di google, seo">
Ini menjelaskan bagaimana halaman ini berkaitan dengan kata kunci “cara peringkat pertama di google” dan “seo” 

Ini contoh sederhana Meta Description
<meta name="description"
        content="Halaman ini menjelaskan bagaimana mengomptimalkan seo dan cara agar artikel ada diperingkat pertama google">

seo off page
Sering kita membaca tips untuk blog walking, sering digunakan untuk tukar link dengan blog lain dengan cara meninggalkan komentar dan alamat blog kita. Namun ada beberapa kekurangan dari cara ini, google akan menganggap spam. Dapat diterapkan dengan cara yang wajar, tinggalkan link mati dan berkomentar lah sesuai artikel bacaan tersebut. ibarat tamu hormati tuan rumah. Backlink cari di mesin pencari google mengenai baclink yang berkualitas.

Jika anda ingin belajar mengenai SEO secara mandiri/otodidak saya sarankan menggunakan 1 blogspot percobaan. Bila kalian takut blog kalian dianggap spam ini berlaku untuk anda yang ingin mencari cara baru mengakali alogaritma mesin pencarian. Jika anda ingin main aman buat blog berkualitas, daftarkan ke layanan webmaster  milik Google dan yahoo!
Jika anda rasa itu membuang waktu anda dan menginginkan waktu yang lebih cepat dan efisien maka saya sarankan menggunkan jasa SEO , sekaligus tanya-tanya pada mereka.
Sekian artikel yang berkaitan dengan cara menjadi peringkat 1 di google. Semoga artikel ini dapat membantu anda, bila berkenan silahkan berkomentar yang sopan. Bila ingin meninggalkan link blog tulis dengan link mati. Lebih-lebih anda membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat, kami sangat menghargainya.
Happy bloging!





Kategori

Artikel " Cara SEO Peringkat Pertama di Google " , terkait dalam kategori berikut ini;