Cara Backup Artikel Blog

Cara backup artikel di blogspot tidak terlalu rumit. Backup artikel atau post bisa dilakukan setiap minggu atau sebulan sekali, hal ini tergantung dari kebutuhan dan skala update artikel Anda. Jika Anda sering update artikel setiap harinya ada baiknya seminggu sekali Anda harus backup artikel blog. Backup artikel blog menjadi rutinitas untuk menjaga konten Anda bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

cara backup artikel blog

Cara backup artikel blog


Backup artikel adalah cara untuk melindungi konten dari hal - hal yang tidak dinginkan, misalnya blog dihapus oleh google, blog diretas atau lain sebagainya. Konten atau artikel pada umumnya adalah aset dari sebuah blog, jadi Anda harus benar-benar melindungi dan melakukan backup artikel blog secara rutin.

Blogger sudah menyediakan fitur backup untuk melindungi konten Anda. Fitur backup di blogger dapat diakses di dashbor blogger setelah Anda login. Fitur ini berfungsi tidak hanya untuk menyimpan dan melindungi artikel. Backup artikel blog juga berfungsi jika Anda ingin memindahkan blog Anda ke wordpress self - hosting. Artikel yang dihosting di blogger tentu saja dapat di backup artikel - nya dan dipindahkan di Wordpress melalui format xml. Dengan mendapatkan format xml dari blog Anda ini memungkin untuk memindahkan dan mengamankan data artikel post Anda, sehingga akan mengurangi resiko semua data blog post Anda hilang atau sewaktu-waktu terhapus tanpa sengaja.


Cara Backup Artikel Blog di Blogspot


Di artikel ini akan menjelaskan bagaimana melakukan backup artikel blog di blogspot. Untuk pengguna blogspot sebagai mesin blog post nya kalian bisa login terlebih dahulu ke dashbor blogger. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan jika kalian ingin backup arikel.

  1. Login ke dashbor blogger.
  2. Pilih menu Settings /pengaturan.
  3. Masuklah ke menu settings atau pengaturan lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

    cara backup artikel blog
  4. Pilih menu back up content
  5. backup artikel

    setelah itu akan muncul pop up untuk download atau back up artikel blog. Silahkan klik bagian save to computer.

  6. Save to computer
  7. cara backup artikel

Setelah file backup selesai terunduh simpan dan amankan. Jika perlu buat folder khusus untuk blog yang Anda miliki, sehingga termanajemen dengan baik. Jangan lupa lakukan backup artikel Anda setiap bulan atau seminggu sekali jika Anda memiliki banyak artikel dan rajin update setiap harinya. Hal ini dilakukan agar apa yang Anda tulis tidak sia-sia karena ulah bloger lain atau blog dihapus oleh google. Saran saya jika Anda sudah menjadi blogger yang profesional silahkan sewa hosting sehingga akan jauh dari ketakutan blog Anda di hapus oleh google.

Semoga membantu, salam.


Kategori

Artikel " Cara Backup Artikel Blog " , terkait dalam kategori berikut ini;